Tentu Anda dapat membuat sebuah server FTP atau SSH, tapi ini akan menjadi terlalu berlebihan itu untuk jaringan di rumah biasa. Ternyata bahwa Mac OS X dapat terhubung ke Windows shared folder sangat mudah. Baca terus untuk mengetahui caranya.

Mengatur sharing pada PC Anda. Untuk mendapatkan ini terjadi, pastikan PC Anda sudah diatur untuk file sharing. Pada Windows, pilih folder yang ingin Anda akses dari Mac Anda, dan klik kanan untuk mendapatkan kotak dialog yang Properties. Dari tab sharing, nyalakan fitur “sharing”, dan memilih nama untuk folder bersama. (Ini adalah nama Anda akan melihat pada Mac Anda.)

Menentukan Alamat IP PC Anda. Anda harus memberikan Anda Mac alamat untuk mencari folder ini bersama, sehingga mendapatkan alamat lokal IP PC Anda dari baris perintah dengan menjalankan ipconfig. Di setup yang diuji, alamat 192.168.1.102.

Koneksi ke server pada Mac Anda. Sekarang, pada Mac Anda, dari menu Go Finder’s, pilih “Connect to Server.” Masukkan alamat IP Anda hanya diperoleh dari PC Anda, diawali dengan smb: / /, seperti yang ditunjukkan: