Sabtu, 18 September 2010

Mengubah Ubuntu Jaunty/Karmic menjadi Ubuntu Netbook Remix


Pada kali ini saya akan menjelaskan cara untuk memiliki Ubuntu Netbook Remix tanpa harus menginstallnya di PC. Kok bisa memakai Ubuntu Remix tanpa menginstallnya??. Pada pembahasan kali ini saya tidak melakukan proses installasi Ubuntu Netbook Remix. Saya hanya memakai Ubuntu Desktop 10.04 LTS & menambah paket-paket yang dibutuhkan untuk membuatnya seperti Ubuntu Netbook Remix. Boleh dibilang kalau kita akan install themenya Ubuntu Netbook Remix. Tutorial ini dilakukan di Ubuntu Desktop 10.04 LTS, adapun untuk Ubuntu Karmic Koala pun sama karena kita hanya mendownload paket-paket Ubuntu Netbook Remixnya.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebelum memasuki proses installasi, dianjurkan untuk mematikan efek desktop Compiz Fusionnya lebih dulu. Karena bila tidak dimatikan bisa menyebabkan crash yang membuat layar tampak kacau. Tapi untuk Ubuntu 10.04 ini bisa di abaikan kok...

2. Untuk membuat desktop seperti Ubuntu Netbook Remix, kita hapus dulu panel bawah, applet-applet panel atas di hapus & sisakan hanya Tanggal & Notification appletnya saja.

3. Kita akan mulai mengunduh paket-paket Ubuntu Netbook Remix, buka Terminal lalu ketik

sudo apt-get install go-home-applet human-netbook-theme maximus netbook-launcher window-picker-applet


Kemudian Enter, isi password anda lalu Enter lagi.

Proses akan berhenti dan Muncul pesan "Do you want to continue (Y/n) ?" maka ketikkan Y dan Enter untuk melanjutkan...
Biarkan loading berjalan otomatis 1...

Biarkan loading berjalan otomatis 2...

Biarkan loading berjalan otomatis 3...

Biarkan loading berjalan otomatis 4...


4. Setelah komputer di restart maka akan muncul tampilan Ubuntu Netbook Remixnya yang cantik. Tetapi itu belum sempurna & masih ada penambahan applet di panel atas.

5. Klik kanan pada panel atas lalu tambahkan applet Go Home, tampilannya seperti Main Menu Ubuntu lalu pindah ke sisi paling kiri & lock to panel. Applet Go Home ini berfungsi untuk kembali ke tampilan utama Ubuntu Netbook Remix.
Go Home Applet


6. Klik kanan lagi pada panel atas lalu tambahkan Window Picker yang berfungsi untuk menampilkan jendela yang kita buka.

Window Picker Applet


Tampilan Sempurna Ubuntu Netbook Remix saya

Penyempurnaan tampilan Ubuntu Netbook Remix di Ubuntu 10.04 LTS selesai & nikmatilah kemudahannya. Untuk selanjutnya anda bisa explore sendiri, mudah kok. Selamat mencoba ya ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar