Jumat, 31 Desember 2010

Install printer Epson Stylus T11 di Ubuntu 10.04

Untuk teman-teman yang ingin punya printer dengan kualitas bagus dan ekonomis, mungkin banyak diantara kalian yang mempunyai printer epson T11 seperti saya ini. Hanya dengan harga 650.000 kita bisa punya Printer Epson T11 dengan modifikasi.
Pertama kali punya ptrinter ini saya sangat senang banget karena waktu di test pertama hasil gambar cetakannya sempurna. Tapi waktu sampai rumah, saya di buat pusing olehnya....
Karena di Operating System Ubuntu 10.04 LTS laptop yang saya punya printer ini tak dapat di gunakan. Berkali-kali nanya sama Mbah Google, ternyata Lucid Lynx tidak menyediakan driver untuk T11, karena itu saya menggantinya dengan driver Epson Stylus C66. Printer saya sudah bisa berjalan baik, kekurangannya hanya tidak menunjukkan indikator tinta, itu saja. Fungsi lain berjalan dengan normal.

Langkah-langkah untuk installasi Printer Epson T11 adalah sebagai berikut :

Langkah 1. Buka System >> Printing.

Langkah 2. Akan keluar jendela seperti pada gambar. Klik “Add“.

Langkah 3. Ubuntu akan mendeteksi Epson Stylus T11. Pada “Devices” pilih Epson Stylus T11, kemudia klik “Forward“.

Langkah 4. Ubuntu akan mencari driver bagi Epson Stylus T11.

Langkah 5. Pilih Epson pada distribusi Printer dan klik “Forward“.

Langkah 6. Pada bagian “Models” pilih “Stylus C66” kemudian klik “Forward“.

Langkah 7. Berikan nama untuk Printer, kemudian klik “Apply“.

Langkah 8. Akan ada pilihan untuk melakukan “print a test page“. Silakan klik “No” atau “Yes“.

Langkah 9. Epson Stylus T11 sudah terinstal dengan baik jika muncul gambar seperti di bawah.

Akhirnya Printer Epson yang di beli bisa di pakai di Operating System Ubuntu 10.04 LTS yang sangat kita cintai ini.... :d :d :d

Semoga bermanfaat :-)

1 komentar:

  1. Makasih pak tutorialnya. Saya menggunakan ubuntu 9.10 dan coba ikuti panduan di atas namun sampai pada langkah 6 dihadapkan dengan epson T20 dan saya next saja ternyata hasilnya juga sangat OK.

    BalasHapus