Senin, 06 Desember 2010

Install Symantec Endpoint Protection di Windows Vista Home Premium

Secara singkat Symantec Endpoint Protection (SEP) adalah salah produk antivirus dari raksasa perusahaan antivirus ‘Symantec’. Beberapa waktu lalu, saat mencoba menginstall produk ini di notebook Acer dengan Vista Home Premium OEM didalamnya, muncul pesan error:

“Pending system changes that require a reboot have been detected”

Padahal sebelumnya tidak ada penginstalan software apapun yang memerlukan reboot OS. Ketika tombol OK diklik, proses instal berhenti. Reboot/restart komputer tidak mengatasi hal ini! Hal ini juga terjadi pada Windows Vista Ultimate.

Setelah mencari artikel di website Symantec, barulah diketahui biang keladinya. Penyebab dari semua ini adalah penginstalan driver webcam logitech yang meninggalkan key registry di alamat

“HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\PendingFileRenameOperations”.

Untuk mengatasinya, hapus key dgn nama ‘PendingFileRenameOperations’. Tidak perlu restart komputer, jalankan instaler SEP lagi. Seharusnya SEP sudah bisa diinstal sekarang. Tidak tahu pasti juga mengapa hal ini terjadi pada notebook acer, padahal setahu saya acer tidak lagi menggunakan webcam dari logitech untuk produknya.

NB: Backup dulu registry sebelum menghapus key-key tertentu !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar