Senin, 06 Desember 2010

Pause dan Resume Saat Mengcopy File

Masih jelas dalam ingatanku, dahulu ketika menggunakan komputer sekelas pentium III. Tepatnya sih bukan PIII, melainkan VIA C3, alias gigapro dengan clock yang ‘katanya’ 1.3 Ghz (~800Mhz). Ketika itu gw terpaksa harus memindahkan semua data-data di hardisk karena mengupgrade hardisk ke kapasitas yang lebih besar.

Proses pemindahan dengan ‘copy’ dan ‘cut’ pun dilakukan. Total data mencapai 30gb lebih. Dengan kemampuan processor VIA. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Saat proses copy berjalan. Kinerja komputer menjadi sangat lambat. Alhasil komputer tidak dapat digunakan untuk keperluan lain. Tiba-tiba saja muncul dalam pikiranku untuk mencari software yang bisa melakukan suatu hal yang belum dapat dilakukan OS windows. Bahkan Windows 7 pun belum dapat melakukannya. Yaitu mem “pause” dan “resume” saat proses copy berlangsung.

Namanya total copy, software berukuran kecil ini ternyata memiliki fungsi yang amat penting kala itu, bahkan sampai saat ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup drag file yang akan kita copy dengan ‘klik kanan’ ke tempat tujuan baru. Pada menu yang mucul, pilih ‘total copy here’, maka jendela copy dengan tombol pause dan resume akan muncul ketika proses copy berlangsung …

drag file dengan "klik kanan", pilih "total copy  here"
drag file dengan “klik kanan”, pilih “total copy here”

proses copy berjalan dengan tombol pause dan resume
proses copy berjalan dengan tombol pause dan resume

Berikut adalah fitur dari total copy
* Pause / Resuming : Setiap saat kita bisa mem-pause proses copy dan melanjutkannya kapan saja.
* Auto-pause on any error : Jika kapasitas hardisk tidak cukup, jaringan terganggu, proses copy otomatis dipause, dan dapat dilanjutkan ketika semua masalah tersebut telah diatasi.
* Resuming on powerfailure : Jika komputer tiba-tiba mati saat proses copy berlangsung, proses akan dilanjutkan setelah komputer dinyalakan ulang (conth: mati lampu atau system crash).
* Speedlimit : Memperlambat proses copy, sehingga resouce komputer dapat digunakan untuk pekerjaan lainnya.
* Faster than Windows : Mengcopy lebih cepat dari windows, kira-kira 10% untuk komputer tunggal dan 1% untuk komputer dijaringan.
* Small improvements : Memperlihatkan kecepatan copy, persentase bar, dan jumlah data yang belum tercopy (KBytes remaining).
* Does not modify Windows’ own copy-function : Program ini tidak menghilangkan fasilitas copy asli bawaan windows.
* Mendukung windows 98, ME, 2000, XP (Vista & Win7 belum dicoba)

Download :
* Windows 98 & ME : download, mirror
* Windows 2000 & XP : download, mirror

Tidak ada komentar:

Posting Komentar